BAB I
MAKHARIJUL HURUF
Makhraj
ialah keluarnya bunyi huruf-huruf arab pada lisan atau mulut manusia.
Masing-masing hurufmempunyaimakhraj atau tempat keluarnya masing-masing. Dalam
ilmu tajwid, makhraj ada lima macam. Lima macam makhraj tersebut adalah sebaai
berikut.
NO.
|
MAKHRAJ
|
ARTI
|
1
|
اَلْجَوْفُ
|
Lubang
Tenggorokandan Mulut
|
2
|
اَلْحَلْقُ
|
Tenggorokan
|
3
|
اَللِّسَانُ
|
Lidah
|
4
|
اَلشَّفَتَانِ
|
Kedua
Bibir
|
5
|
اَلْخَيْشُوْمُ
|
Pangkal
Hidung
|
Kelima makhraj tersebut kemudian
dirinci lagi menjadi tujuh belas makhraj. Tujuh belas makhraj tersebut adalah
sebagai berikut:
NO.
|
MAKHRAJ
|
HURUF HIJAIAH
|
1
|
Rongga
tenggorokan
|
اَ-إِىْ-اُوْ
|
2
|
Pangkal
tengorokan
|
ء
– هـ
|
3
|
Tengah
tenggorokan
|
ع
- ح
|
4
|
Ujung
tenggorokan
|
غ
- خ
|
5
|
Pangkal
lidah dekat anak lidah dengan langit–langit yang lurus di atasnya
|
ق
|
6
|
Pangkal
lidah dengan langit–langit yang lurus di atasnya, agak keluar sedikit dari
makhraj qaf
|
ك
|
7
|
Lidah
bagian tengah dengan langit–langit yang lurus diatsnya
|
ج
– ش - ي
|
8
|
Salah
satu tepi lidah dengan geraham atas
|
ض
|
9
|
Lidah
bagian depan swbelah makhraj dad dengan gusi atas
|
ل
|
10
|
Ujung
lidah dengan gusi atas agak keluar sedikit dari makhraj lam adalah
makhraj nun yanng bukan idgam atau ikhfa’
|
ن
|
11
|
Ujung
lidah agak ke dalam sedikit, lebih dalam dari makhraj nun
|
ر
|
12
|
Ujung
lidah dengan pangkal dua gigi yang atas
|
ت
- د - ط
|
13
|
Ujung
lidah dengan rongga antara gigi atas dan gigi bawah
|
ر
- س - ص
|
14
|
Ujung
lidah dengan ujung dua buah gigi yang atas
|
ث
- ذ – ظ
|
15
|
Bagian
tengah dari bibir bawah dengan ujung dua buah gigi yang atas
|
ف
|
16
|
Kedua
bibir atas dan bawah, untuk mim dan ba harus rapat, sedangkan wau merenggang
|
و-
م – ب
|
17
|
Pangkal
hidung
|
Huruf gunnah (dengung)
|
BAB II
QALQALAH DAN GHUNNAH
1.
Qalqalah
Qalqalah adalahmembunyikan huruf mati dengan
suara mantul dari makhraj hurufnya. Huruf qalqalah ada lima. Kelima
huruf qalqalah tersebut adalahsebagai berikut.
1.
ق
2. ط
3. ب
4. ج
5. د
Bacaan
qalqalah ada dua macam. Dua bacaan qalqalah tersebut adalah
qalqalah sugra dan qalqalah kubra
a. qalqalah sugra ialah jika huruf qalqalah mendapat
harkat sukun di tengah suku kata. Pantulan dari qalqalah sugra itu tidak
terlalu sangat atau hanya sedikit.
NO.
|
LAFADZ
|
SEBAB TERJADINYA
|
CARA MEMBACANYA
|
1
|
رَزَقْنكُمْ
|
Huruf
Qof dalam keadaan sukun di tengah kalimat
|
Suara
huruf Qaf di pantulkan sedikit
|
2
|
بَطْشَ
|
Huruf
Tha’ dalam keadaan sukun di tengah kalimat
|
Suara
huruf Tha’ di pantulkan sedikit
|
3
|
لِتَبْلُغُوْا
|
Huruf
Ba’ dalam keadaan sukun di tengah kalimat
|
Suara
huruf Ba’ di pantulkan sedikit
|
4
|
اَتَجْعَلُ
|
Huruf
Jim dalam keadaan sukun di tengah kalimat
|
Suara
huruf Jim di pantulkan sedikit
|
5
|
هُدْهُدَ
|
Huruf
Dal dalam keadaan sukun di tengah kalimat
|
Suara
huruf Dal di pantulkan sedikit
|
b. Qalqalah
qubro ialah
jika huruf qalaqlah mendapatkan harakat sukun di akhir kata atau karena
wakaf (behenti). Pantulan qalqalah kubro lenih besar dari pada qalqalah
sugra,terutama jika berada sesudah huruf mad dan lebih besar lagi apabila
huruf qalqalah bertasydid. Contoh:
NO.
|
LAFADZ
|
SEBAB TERJADINYA
|
CARA MEMBACANYA
|
1
|
اَلْفَلَقِْ
|
Huruf
Qof sukun di akhir kalimat/ karena wakaf
|
Suara
huruf Qaf di pantulkan agak kuat
|
2
|
عِقَابٍْ
|
Huruf
Ba’ sukun di akhir kalimat/ karena wakaf
|
Suara
huruf Ba’ di pantulkan agak kuat
|
2.
Gunnah
Gunnah
adalah membaca dengan mendengung. Huruf ghunnah ada dua, yaitu nun dan mim. Nun
dan mim dibaca ghunnah apabila bertasydid. Cara membacanya ditekan dengan
panjang 2 harakat atau 1 alif. Contoh :
NO.
|
LAFADZ
|
SEBAB TERJADINYA
|
CARA MEMBACANYA
|
1
|
اِنَّ
|
Huruf
nun di tasydid
|
Di
baca dengan dengung
|
2
|
اِمَّـا
|
Huruf
mim di tasydid
|
Di
baca dengan dengung
|
BAB III
HUKUM NUN MATI
Nun
mati dan tanwin apabila bertemu dengan huruf hijayah mempunyai lima macam
hukum.
1.
Izhar
izhar
adalah bacaan jelas atau terang dan tidak bercapur dengug sama sekali.
Bacaan ini terjadi apabila nun mati atau tanwin di ikuti oleh salah satu huruf halqi.
Huruf Halqi terdiri dari enam huruf, yaitu: ء, هـ,
ع, غ, ح, dan خ.
Bacaan ini di sebut
juga Izhar Halqi.
Beberapa
contohnya adalah sebagai berikut:
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERLETAK PADA
|
1
|
اَنْ
أَكُـوْنَ
|
Nun
mati di ikuti hamzah
|
QS.
Al-Baqarah:67
|
2
|
قِرَدَةً خَاشِئِيْنَ
|
Tanwin
di ikuti Kha’
|
QS.
Al-Baqarah:65
|
2.
Idgam Bigunnah
Idgam
adalah bacaan dengan
memasukkan suara nun mati atau tanwin ke dalam bunyi huruf yang
mengikutinya. Bighunnah artinya dengan nendengung. Dengan demikian, Idgham
Bighunnah adalah memasukkam suara nun mati atau tanwin kedalam bunyi hurup
berikutnya dengsn mendengung. Bacaan ini terjadi ketika nun mati atau tanwin
bertemu dengan huruf yang biasa di ringkas dalam lafadh يَنْمُوْ (ي - ن - م - و)
Contohnya
adalah sebagai
berikut.
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERLETAK PADA
|
1
|
لِقَوْمٍ
يُّوْقِنُوْنَ
|
Tanwin
di ikuti Ya’
|
QS.
Al-Baqarah:118
|
مِنْ وَّلِيٍّ
|
Nun
mati diikuti Wau
|
QS.
Al-Baqarah:107
|
Bacaan
idgam dipergunakanapabila nun mati atau tanwin tidak berada dalam satu
kalimat dengan huruf tersebut. Jika nun mati atau tanwin berada dalam satu
kalimat denga huruf – huruf tersebut hukum bacaannya adalah izhar.
Beberapa
contoh adalah sebagai berikut.
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
CARA MEMBACANYA
|
1
|
فِى
الدُّنْـيَـا
|
Nun
mati di ikuti Ya
|
Fiddun-
ya
|
2
|
قِنْـوَانٌ
|
Nun
mati di ikuti Wau
|
Qin-
wan
|
3.
Idgam Bilagunnah
Idgham
bilagunnah adalah bacaan idgam yang tidak di sertai dengung. Hal ini terjadi
ketika nun mati atau tanwin di ikuti huruf lam dan ra.
Beberapa
contoh adalah sebagai berikut.
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
CARA MEMBACANYA
|
1
|
رَزْقًالَّكُمْ
|
Tanwin
bertemu Lam
|
Rizqal-lakum
|
2
|
يُبَيِّنْ لَّكُمْ
|
Nun
mati bertemu Lam
|
Yubayyil-lana
|
4.
Iqlab
Iqlab
adalah mengganti suara nun mati atau tanwin dengan suara nun mati. Bacaan ini
terjadi ketika huruf nun mati dan tanwin diikuti huruf ba.
Beberapa
contohnya adalah sebagai berikut
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
CARA MEMBACANYA
|
1
|
مِنْ
بَعْدِ هِمْ
|
Nun
mati di ikuti ba
|
Mim-ba’dihim
|
2
|
سَمِيْعٌ
بَصِـيْرٌ
|
Tanwin
di ikuti ba
|
Sami’um-bashirun
|
5.
Ikhfa’
Ikhfa’ adalah membnyikan huruf nun mati atau
tanwin antara izhar dan idgam.
Bacaan
ini terjadi apabila nun
mati dan tanwin di ikuti salah satu huruf yang terhimpun pada tiap awal kalimat
syair berikut:
دُمْ
طَيِّبًا زِدْ فِى تُقًى ضَعْ ظَالِمًا
|
³
|
صِفْ ذَا
ثَنَاكَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا
|
|||||||||||||
ظ
|
ض
|
ت
|
ف
|
ز
|
ط
|
د
|
س
|
ق
|
ش
|
ج
|
ك
|
ث
|
ذ
|
ص
|
|
Di
antara contohnya adalah sebagai berikut.
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERLETAK PADA
|
1
|
مِنْ
صَلْصَالٍ
|
Nun
mati diikuti Shad
|
QS.
Al-Hijr : 33
|
2
|
اَنْذَرْنكُمْ
|
Nun
mati diikuti Dzal
|
QS.
An-Naba’ : 40
|
BAB IV
HUKUM MIM MATI
Hukum
mim mati ada tiga : Yaitu Ikhfa’ Syafawi, Idgham Mistlain, Izhar
Syafawi.
a.
Ihkfa’ Syafawi
Ihkfa’
Syafawi adalah hukum bacaan mim mati saat bertemu Ba. Cara membacanya
adalah samar-samar dengan dengung. Contohnya adalah sebagai berikut:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
وَمَا
هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَ
|
Mim
mati bertemu ba
|
QS.
Al-Baqarah : 8
|
2
|
بَعْضُهُمْ
بِبَعْضٍ
|
Mim
mati bertemu ba
|
QS.
Al-Baqarah : 251
|
b.
Idgham Mislain
Idgam
mislain adalah hukum bacaan mim mati saat bertemu mim. Cara
membacanya adalah mendengung. Bacaan ini juga disebut idgam mimi.
Contohnya adalah sebagai berikut:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
وَمِنْهُمْ
مُقْتَصِدٌ
|
mim
mati bertemu mim
|
QS.
Fatir : 32
|
2
|
وَلَكُمْ
مَاكَسَبْتُمْ
|
mim
mati bertemu mim
|
QS.
Al-Baqarah : 141
|
c.
Izhar syafawi
Izhar
syafawi adalah hukum bacaan saat mim mati bertemu semua huruf selain mim dan ba
dan harus di baca jelas. Contohnya adalah sebagai berikut:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
وُجُوْهَكُمْ
قِبَلَ
|
Mim
mati bertemu Qaf
|
QS.
Al-Baqarah : 177
|
2
|
بِعَهْدِهِمْ
إِذَا عَاهَدُوْا
|
Mim
mati bertemu Hamzah
|
QS.
Al-Baqarah : 177
|
3
|
هُمْ
يُرَآؤُنَ
|
Mim
mati bertemu Ya’
|
QS.
Al-Ma’mun : 6
|
BAB V
HUKUM ALIF LAM
Hukum
alif lam ada dua, izhar qamariyyah dan izhar syamsiyyah.
a.
Izhar Qamariyyah
Izhar
qamariyyah adalah hukum bacaan alif lam saat bertemu salah satu dari empat
belas huruf qamariyah berikut ini:
أَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَهُ (أب
غ ح ج ك وخ ف ع ق ي م ه)
Cara
membacanya adalah dengan tetap menyuarakan bunyi al. Contohnya adalah
sebagai berikut :
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1.
|
اَلْبِرَّ
|
Alif
lam bertemu Ba’
|
QS.
Al-Baqarah : 177
|
2.
|
اَلْغَيِّ
|
Alif
lam bertemu Ghain
|
QS.
Al-Baqarah : 256
|
3.
|
اَلْجَهْرُ
|
Alif
lam bertemu Jim
|
QS.
Al-A’la : 7
|
4.
|
اَلْوَدُوْدُ
|
Alif
lam bertemu Wau
|
QS.
Al-Buruj : 14
|
5.
|
اَلْخَيْرتُ
|
Alif
lam bertemu Kha’
|
QS.
Al-Baqarah : 148
|
b.
Idgam Syamsyiyah
Idgam
syamsiyyah adalah
hukum bacaan alif lam saat bertemu salah satu dari empat belas huruf syamsiyyah
yang terdapat pada awal setiap kalimat syair berikut ini:
دَعْ سُوْءَ
ظَنٍّ زُرْ شَرِيْفًا لِلْكَرَمِ
|
³
|
طِبْ
ثُمَّ صِلْ رَحْماً تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ
|
||||||||||||
ل
|
ش
|
ز
|
ظ
|
س
|
د
|
ن
|
ذ
|
ض
|
ت
|
ر
|
ص
|
ث
|
ط
|
|
Cara
membacanya adalah dengan menghilangkan bunyi al serta langsung masuk pada huruf
berikutnya. Contohnya adalah sebagai berikut:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
وَالطَّيْرُ
|
Alif
lam bertemu Tha’
|
QS.
An-Nur : 41
|
2
|
اَلثَّوَابُ
|
Alif
lam bertemu Tsa’
|
QS.
Ali ‘Imran : 195
|
3
|
اَلصَّلوةَ
|
Alif
lam bertemu Shad
|
QS.
Al-Baqarah : 177
|
4
|
اَلرِّقَـابِ
|
Alif
lam bertemu Ra’
|
QS.
Al-Baqarah : 177
|
5
|
اَلتّبِعِيْنَ
|
Alif
lam bertemu Ta’
|
QS.
Al-Ahzab : 4
|
BAB VI
HUKUM BACAAN MAD
1.
Mad Thabi’i
Mad
tabi’i juga disebut mad asli. Mad tersebut dibaca panjang satu alif atau dua
harkat. Sebuah lafal kalimat akan dibaca mad tabi’i apabila:
a.
Harkat fathah diikuti oleh alif;
b.
Harkat kasrah diikuti oleh ya ;
c.
Harkat dammah diikuti oleh wau.
Beberapa
contohnya adalah sebagai berikut.
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
بَاطِلاً
|
Fathah
biikuti Alif
|
QS.
Sad : 27
|
2
|
لِيُذِيْقَهُمْ
|
Kasrah
diikuti Ya’
|
QS.
Ar-rum : 41
|
3
|
تُفْسِدُوْنَ
|
Dammah
diikuti Wau
|
QS.
Al-a’raf : 56
|
4
|
فَأَنْزَلْناَ
|
Fathah
diikuti Alif
|
QS.
Al-a’raf : 27
|
5
|
اَلَّذِيْنَ
|
Kasrah
diikuti Ya’
|
QS.
Sad : 28
|
6
|
فَانْظُرُوْا
|
Dammah
diikuti Wau
|
QS.
Ar-rum : 49
|
2.
Mad Far’i
Mad
far’i terdiri dari:
a.
Mad Wajib Muttasil;
b.
Mad Jaiz Munfasil;
c.
Mad Arid Lis-Sukun;
d.
Mad Badal;
e.
Mad Layyin;
f.
Mad Silah;
g.
Mad Iwad;
h.
Mad Lazim;
Macam-macam
mad far’i akan ditemukan dalam pembahasan berikut ini:
a.
Mad Wajib Muttasil
Mad
wajib muttasil adalah mad yang tarjadi ketika tanda mad bertemu hamzah dalam
satu lafal. Mad tersebut dibaca dua setengah alif. Contoh mad wajib muttasill
dapat dilihat pada kolom berikut ini:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
اَلْمَآءَ
|
Mad
diikuti hamzah dalam satu lafal
|
QS.
Al-A’raf : 57
|
2
|
قَدْ جَآءَتْ
|
Mad
diikuti hamzah dalam satu lafal
|
QS.
Al-A’raf : 53
|
3
|
عَآئِلاً
|
Mad
diikuti hamzah dalam satu lafal
|
QS.
Ad-Duha : 7
|
4
|
اِلاَّابْتِغَآءَ
|
Mad
diikuti hamzah dalam satu lafal
|
QS.
Al-Lail : 20
|
5
|
اَلسَّمَآءَ
|
Mad
diikuti hamzah dalam satu lafal
|
QS.
Saf : 27
|
b.
Mad Jaiz Munfasil
Maj
jaiz munfasil adalah mad yangterjadi ketika mad yang bertemu dengan hamzah
tidak dalam satu lafal, melainkan dalam lafal yang terpisah. Mad tersebut
dibaca satu sampai dua setengah alif. Contoh mad jaiz munfasil dapat dilihat
pada kolom berikut ini:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
اِذَآ
اَقَلَّتْ
|
Mad
diikuti hamzah dalam lafal lain
|
QS.
Al-A’raf : 56
|
2
|
اَلَآاِنَّهُمْ
|
Mad
diikuti hamzah dalam lafal lain
|
QS.
Al-Baqarah : 13
|
3
|
اَنْزَلْنَآ ايتٍ
|
Mad
diikuti hamzah dalam lafal lain
|
QS.
An-Nur : 46
|
4
|
اِنآاَخْلَصْنَاهُمْ
|
Mad
diikuti hamzah dalam lafal lain
|
QS.
Sad : 46
|
5
|
اِذَآ اَذَاقَهُمْ
|
Mad
diikuti hamzah dalam lafal lain
|
QS.
Ar-Rum : 33
|
c.
Mad Arid lis-Sukun
Mad
arid lis-sukun adalah mad yang terjadi karena waqaf atau berhenti. Mad tersebut
dibaca satu, dua, atau tiga alif.
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
يَشْكُرُوْنَ
|
Mad
diikuti sukun karena berhenti
|
QS.
Al-A’raf : 58
|
2
|
تَذْكُرُوْنَ
|
Mad
diikuti sukun karena berhenti
|
QS.
Al-A’raf : 57
|
3
|
اَلْمُؤْمِنُوْنَ
|
Mad
diikuti sukun karena berhenti
|
QS.
Al-Hujurat : 27
|
4
|
مِنَ
الْمُكْرَمِيْنَ
|
Mad
diikuti sukun karena berhenti
|
QS.
Yasin : 27
|
5
|
مُشْرِكِيْنَ
|
Mad
diikuti sukun karena berhenti
|
QS.
Ar-Rum : 42
|
d.
Mad Badal
Mad
badal adalah mad yang terjadi karena menggantikan hamzah. Mad tersebut dibaca
panjang satu alif. Contoh mad badal dapat dilihat pada kolom berikut ini:
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERLETAK PADA SURAH
|
1
|
امَنَ
|
أَأْمَنَ
|
QS.
Al-Kahfi : 88
|
2
|
إِيْمَانٌ
|
إِئْمَانٌ
|
QS.
Al-Hasyr : 10
|
3
|
أُوْتُوْا
|
أُؤْتُوْا
|
QS.
Al-Anfal : 75
|
e.
Mad Layyin
Mad
Layyin adalah mad yang terjadi karena fathah bertemu wau mati atau ya’ mati.
Mad tersebut dibaca satu, dua, atau tiga alif. Contoh mad layyin dapat
dilihatpada kolom berkut ini:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
كَيْفَ
|
Fathah
bertemu ya mati
|
QS.
Ar-Rum : 42
|
2
|
وَنَجَّيْنهُمْ
|
Fathah
bertemu ya mati
|
QS.
Sad : 27
|
3
|
خَوْفًا
|
Fathah
bertemu wau mati
|
QS.
Al-A’raf : 56
|
4
|
يَوْمَئِذٍ
|
Fathah
bertemu wau mati
|
QS.
Asy-Syura : 47
|
5
|
وَمَا
بَيْنَهُمَا
|
Fathah
bertemu ya mati
|
QS.
Hud : 58
|
f.
Mad Silah
Mad
silah adalah mad yang terjadi jika ada ha damir yang diapit dua harkat. Mad
silah ada dua, yaitu mad silah qasirah dan mad silah tawilah.
1).
Mad Silah qasirah adalah mad yang terjadi jika ha damir tidak bertemu hazahdan
dibaca qasir atau pendek, yaitu satu alif. Contoh mad silah qasirah
adalah sebagai berkut.
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
أَهْلِه
وَتَحْرِيْرُ
|
Ha
damir diapit dua harkat dantidak bertemu hamzah
|
QS.
An-Nisa’ : 92
|
2
|
نَبَاتُـه
بِإِذْنِ
|
Ha
damir diapit dua harkat dantidak bertemu hamzah
|
QS.
Al-A’raf : 58
|
3
|
سُبْحنَه
وَتَعَالَى
|
Ha
damir diapit dua harkat dantidak bertemu hamzah
|
QS.
An-Nur :40
|
2).
Mad silah tawilah adalah mad yang terjadi jika ha damir bertemu hamzahdan
dibaca panjang dua setengah alif. Contoh mad silah tawilah adalah sebagai
berkut:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
عِنْدَه
اِلاَّ
|
Ha
damir diapit dua harkat dan bertemu hamzah
|
QS.
Al-Baqarah : 255
|
2
|
مِنْ
عِلْمِه اِلاَّ
|
Ha
damir diapit dua harkat dan bertemu hamzah
|
QS.
Al-Baqarah : 255
|
3
|
أَهْلِه
إِلاَّ أَنْ
|
Ha
damir diapit dua harkat dan bertemu hamzah
|
QS.
An-Nisa’ : 92
|
g.
Mad ‘Iwad
Mad
‘iwad adalah mad yang terjadi ketika ada fathatain pada akhir kalimat atau yang
di waqaf-kan. Contoh mad ‘iwad dapat dilihat pada kolom berikut ini:
NO.
|
CONTOH LAFAL
|
DIBACA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
رَحِيْماً
|
رَحِيْماَ
|
QS.
An-Nisa’ : 64
|
2
|
تَسْلِيْماً
|
تَسْلِيْماَ
|
QS.
An-Nisa’ : 65
|
3
|
تَفْضِيْلاً
|
تَفْضِيْلاَ
|
QS.
Al-Isra’ : 70
|
4
|
نَصِيْراً
|
نَصِيْراَ
|
QS.
Al-Isra’ : 75
|
5
|
عَزِيْزاً
|
عَزِيْزاَ
|
QS.
Al-Ahzab : 25
|
h.
Mad Lazim
Mad
lazim adalah mad yang terjadi jika ada tanda mad yang bertemu dengan sukun dan
harus dibaca tiga alif. Mad lazim ada empat macam,yaitu mad lazim kilmi
musaqqal, mad lazim kilmi mukhaffaf, mad lazim harfi musaqqal, mad lazim harfi
mukhffaf.
1).
Mad Lazim Kilmi Musaqqal
Mad
lazim kilmi musaqqal adalah mad tabi’i yang bertemu dengan huruf bertaydid
dalam satu kalimat. Contohnya adalah : اَلضَّآلِّيْنَ, اَلْحَآقَّةُ
2).
Mad Lazim Kilmi Mukhaffaf
Mad
lazim kilmi mukhaffaf adalah mad tabi’i yang bertemu dengan huruf bersukun
dalam satu kalimat. Mad ini hanya ada satu dalam Al-Qur’an, yaitu: الْـئـنَ
3).
Mad Lazim Harfi Musaqqal
Mad
lazim harfi musaqqal terjadi jika di awal surah dalam Al-Qur’an terdapat satu
atau lebih huruf nun, qaf, sad, ‘ain, sin, lam, kaf, dan mim. Cara membacanya
adalah : الــمّ,
الـمّـص
4).
Mad Lazim Harfi Mukhaffaf
Mad
lazim harfi mukhaffaf terjadi jika di awal surah dalam Al-Qur’an terdapat satu
atau lebih huruf ha, ya, ta, ha, dan ra.
Cara
membacanya adalah dua harkat atau satu alif. Contohnya adalah mim pada الـمّ, lam pada الـر, dan sin
pada طـس.
BAB VII
TAFKHIM DAN TARQIQ
Tafkhim
adalah cara membaca dengan tebal, sedangkan tarqiq adalah cara membaca dengan
tipis. Hukum tafhim dan tarqiq yang akan kita bahas ini berlaku pada lam
jalalah ( ) dan ra ( ). Lam jalalah adalah lam yang terdapat pada kalimat allah
( ).
a.
Lam Jalalah
1).
Lam Jalalah dibaca tafkhim apabila didahului oleh huruf yang berharkat fathah
atau dlamah.
Contoh:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA
|
1
|
مَا
فَضَّلَ اللهُ
|
Lam
jalalah berada setelah harkat fathah
|
QS.
An-Nisa’ : 32
|
2
|
وَاذْكُرُوا
اللهَ
|
Lam
jalalah berada setelah harkat dammah
|
QS.
Al-Jumu’ah : 10
|
2).
Lam Jalalah dibaca tarqiq apabila didahului oleh huruf yang berharkat kasrah.
Contoh:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA
|
1
|
Lam
jalalah berada setelah harkat kasrah
|
QS.
al-jumu’ah : 9
|
b.
Ra’
1).
Huruf Ra’ dibaca tafkhim dengan ketentuan sebagai berikut:
a).
Huruf Ra berharkat fathah atau dammah.
Contoh:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
Ra
berharkat dammah
|
Al-jumuah
: 10
|
b).
Huruf Ra’ berharkat sukun atau dimatikan karena waqaf dan didahului
harkat fathah atau damah.
Contoh:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
Ra
sukun didahului harkat fathah
|
QS.
Al-Fil : 3
|
|
2
|
Ra
sukun karena waqaf dan didahului harkat fathah
|
QS.
Al-Kautsar : 3
|
c).
Huruf Ra’ dimatikan karena waqaf dengan didahului huruf
ber harkat sukun
dan huruf berharkat fathah atau dammah.
Contoh:
NO.
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADINYA
|
TERDAPAT PADA QS.
|
1
|
Ra
sukun karena waqaf dan didahului mad dlamah
|
QS.
Al-‘Adiyat : 10
|
|
2
|
Ra
sukun karena waqaf dan didahului mad fathah
|
QS.
Al-Baqarah : 167
|
2).
Hukum ra dibaca tarqiq/tipis dengan ketentuan sebagai berikut:
a).
Huruf ra berharkat kasrah.
Contoh:
LAFAL
|
SEBAB TERJADNYA
|
TERDAPAT PADA
|
Ra’
berharkat kasrah
|
QS.
An-Nisa’ : 32
|
b).
Huruf ra berharkat sukun/dimatikan karena waqaf dan didah hului ya
kasrah.
Contoh:
LAFAL
|
SEBAB TERJADNYA
|
TERDAPAT PADA
|
Ra
sukun karena waqaf dan didahului ya kasrah.
|
QS.
asy-Syura : 11
|
c).
huruf ra berharkat sukun/dimatikan karena waqaf dan didah
ului kasrah.
Contoh:
LAFAL
|
SEBAB TERJADNYA
|
TERDAPAT PADA
|
Ra
sukun karena waqaf dan didahului kasrah.
|
QS.Ath-Thariq
: 9
|
d).
huruf ra dimatikan karena waqaf dan didahului huruf bersuk un dan
huruf sebelum nya berharkat kasrah.
Contoh:
LAFAL
|
SEBAB TERJADNYA
|
TERDAPAT PADA
|
Ra
sukun karena waqaf dan didahului huruf bersukun dan huruf sebelumnya
berharkat kasrah.
|
QS.
Al-Fajr : 5
|
BAB VIII
IDGHAM
Jika
ada dua huruf yang sama, hampir sama, atau yang sejenis bertemu, huruf yang
pertama berharkat sukun dan yang kedua berharkat hidup, hukumnya harus di-idgam-kan.
Idgam ada tiga macam, yaitu idgam mutamasilain, idgam mutaqaribain, idgam
mutajanisain.
a.
Idgam Mutamatsilain
Hukum
idgam mutamatsilain berlaku pada waktu semua huruf yang disukunkan bertemu
dengan huruf berharkat yang sama atau yang semisal makhraj dan sifatnya.
Contoh:
NO
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADNYA
|
TERDAPAT PADA
|
1
|
Ba
sukun bertemu dengan ba hidup
|
Suara
ba pertama hilang/atau melebur pada ba hidup.
|
|
2
|
Ta
sukun bertemu dengan ta hidup
|
Suara
ta pertama hilang/atau melebur pada ta hidup.
|
b.
Idgam Mutaqaribain
Hukum
idgam mutaqaribain berlaku apabila suatu huruf yang disukun bertemu dengan
huruf berharkat didepannya dan huruf tersebut berdekatan makhrajnya dan sama
sifatnya.
Contoh:
NO
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADNYA
|
TERDAPAT PADA
|
1
|
Lam
sukun bertemu dengan ra hidup
|
Suara
lam hilang/atau melebur pada ra hidup
|
|
2
|
sa
sukun bertemu dengan zal hidup
|
Suara
sa hilang/atau melebur pada zal hidup
|
c.
Idgam Mutajanisain
Hukum
idgam mutajanisain berlaku apabila suatu huruf yang disukun bertemu dengan
huruf berharkat di depannya dan huruf tersebut sejenis makhrajnya, tetapi lain
sifatnya.
Contoh:
NO
|
LAFAL
|
SEBAB TERJADNYA
|
TERDAPAT PADA
|
1
|
Dal
sukun bertemu dengan ta hidup
|
Suara
dal hilang/atau melebur pada ta hidup
|
|
2
|
Ta
sukun bertemu dengan dal hidup
|
Suara
ta hilang/atau melebur pada dal hidup
|
BAB IX
TANDA WAQAF
1.
Waqaf
a.
Pengertian Waqaf
Menurut
bahasa, waqaf adalah berhenti atau menahan. Menurut istilah, waqaf berarti
menghentikan suara dan perkataan sebentar untuk bernafas bagi orang yang
membaca Al-qur’an(qari) dengan niat untuk melanjutkan bacaan lagi dan bukan
untuk meninggalkan bacaan tersebut.
b.
Macam-macam waqaf
1).
Waqaf tamm (sempurna) adalah berhenti pada suatu kalimat yang
tata bahasa dan maknanya
sempurna, tidak ada hubungan dengan kalimat berikutnya.
Contoh:
2).
Waqaf kafi (cukup) adalah berhenti pada suatu kalimat yang cukup tata
bahasanya, tetapi maknanya masih mempunyai hubungan dengan kalimat berikutnya.
Contoh:
3).
Waqaf hasan (baik) adalah berhenti pada suatu kalimat yang masih mempunyai
hubungan dengan kalimat berikutnya.
Contoh:
…………..baik,
tetapi tidak baik bila yang…….dibaca sendiri.
4).
Waqaf qabih (jelek) adalah berhenti pada suatu kalimat yang tidak bisa
dimengerti maknanya. Waqaf seperti ini dilarang, kecuali terpaksa karena sesak
napas, batuk, atau bersin.
Contoh:
Untuk
menerapkan hukum bacaan yang benar, kari wajib mengulang lafal tersebut atau
dari lafal yang sebelumnya lagi.
c.
Macam-macam Waqaf.
No.
|
Tanda waqaf
|
Nama Waqaf
|
Arti
|
Contoh
|
1.
|
Harus waqaf
|
|||
2.
|
Bukan tempat waqaf
|
|||
3.
|
Boleh waqaf boleh tidak
|
|||
4.
|
Dibaca terus lebih utama
|
|||
5.
|
Berhenti lebih utama
|
|||
6.
|
Boleh waqaf di salah satu tanda
tersebut
|
2.
Saktah
Saktah
menurut bahasa artinya mencegah. Menurut istilah, saktah berarti menghentikan
bacaan sama sekali. Sesudah memotong bacaan ini, bila kari (pembaca) ingin
membaca lagi, ia disunahkan membaca taawuz. Bacaan taawuz adalah sebagai
berikut.
3.
Qata’
Qata’
menurut bahasa berarti memotong. Menurut istilah qata’ berarti memulai bacaan
sesudah waqaf. Ibtida’ ini boleh dilakukan hanya pada perkataan yang tidak
merusak arti susunan kalimat.
Contoh:
4.
Ibtida’
Ibtida’
menurut bahasa berarti memulai. Menurut istilah, ibtida’ berarti memulai bacaan
sesudah waqaf. Ibtida’ ini boleh dilakukan hanya pada perkataan.
Contoh:
Tidak
boleh mengulang dengan ibtida’/ memulai dari………bacaan harus dimulai dari………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar